Jurnalis: Sugianto

Kabar Baru, Sidoarjo – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Sidoarjo kembali melakukan penilaian kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo dengan hasil yang cukup baik. Yakni di angka 90.

Penilaian belangsung di Kantor Dinas DPMPTSP, Hadir pada kesempatan itu, Kepala DPMPTSP Sidoarjo Rudi Setiawan. S.STP.,M.SI, M.H beserta jajarannya, dan Ketua BPC HIPMI Sidoarjo Muh Zakaria Dimas Pratama, S.Kom bersama jajaranya.

Zakaria Dimas menjelaskan, penilaian ini atas dasar surat intruksi BPD HIPMI Jawa Timur langsung dari Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Penilaian dilakukan secara objektif dan independent terhadap kinerja DPMPTSP, utamanya terkait perizinan dan program dalam menciptakan iklim berusaha yang baik.

‘’Untuk nilai baik yaitu di angka 90, ini meliputi nilai tampilan, empati, keterandalan, daya tanggap, dan jaminan kepastian. Kita lihat sarprasnya bagus, program-program jemput bola pelayanan dan SDM juga sangat baik,’’ terang Dimas.

Dimas berharap dengan penilaian ini menjadikan pelayanan DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo kedepan semakin baik. HIPMI pun berkomitmen siap menjadi mitra dan terus bersinergi dengan Pemkab, khususnya DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo.

Disebutkan, sejak tahun 2021 Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI menggandeng HIPMI untuk melakukan penilaian kinerja PTSP Se-Indonesia, baik Provinsi maupun di Kabupaten/Kota. Hal ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama di Bidang Penanaman Modal.

Adapun poin-poin penting yang tercakup dalam nota kesepahaman tersebut antara lain pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta kolaborasi antara pengusaha besar dan pengusaha kecil.

BKPM bertindak sebagai koordinator dalam melakukan penilaian kinerja PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) pemerintah daerah serta kinerja PPB kementerian/lembaga (K/L). Dalam hal ini, BKPM akan melibatkan HIPMI sebagai tim penilai kinerja K/L dan daerah dalam memberikan pelayanan investasi.

Sementara itu, Rudi Setiawan Kepala Dinas DPMPTSP Sidoarjo menyampaikan terimakasih terhadap BPC HIPMI Kab. Sidoarjo. Pihaknya memiliki target pelayanan DPMPTSP di Kab Sidoarjo kedepan akan menjadi lebih baik. Untuk itu, sejumlah inovasi dan kolaborasi akan terus dilakukan.

‘’Terimakasih atas kedatangan para pengurus BPC HIPMI Sidoarjo, ini sungguh luar biasa bagi kami. Alhamdulilah nilai yang kami dapatkan 90. Ini merupakan penyemangat bagi kami untuk lebih meningkatkan kinerja,’’ucapnya.

Rudi menerangkan, Penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Investasi BKPM tidak hanya dilaksanakan dengan pemenuhan dokumen oleh DPMPTSP saja tetapi melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya. Baik DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo, HIPMI, maupun pemenuhan bukti implementasi pelaksanaan PTSP dan PPB oleh OPD Teknis.

‘’Jadi dengan nilai ini akan mendorong kinerja yang lebih baik dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta dapat selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan HIPMI khususnya dalam hal peningkatan investasi,’’ imbuhnya.