TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kabupaten Sidoarjo menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke V.

Dalam Muscab yang digelar di Hotel Aston Sidoarjo, Jumat (17/5/2024) kemarin, Pengusaha Bidang Fashion, Technopreneur, dan General Trading Muh Zakaria Dimas Pratama terpilih secara aklamasi sebagai Ketua BPC HIPMI Sidoarjo periode 2024-2027 melanjutkan tongkat estafet HIPMI Sidoarjo yang sebelumnya dikomandoi M Dian Felani.

Kepada TIMES Indonesia, pria yang akrab disapa Mas Dimas ini mengatakan jika apresiasi kepada seluruh pengurus dan anggota Hipmi Sidoarjo yang mempercayainya melanjutkan kepemimpinan M Dian Felani.

Ia bertekad untuk melanjutkan program-program yang telah dilakukan ketua dan pengurus Hipmi periode tahun 2022-2024.

"Terima kasih atas mandat yang dipercayakan keluarga besar HIPMI Sidoarjo kepada saya. InsyaAllah kita akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan Mas Dian Felani beserta kepengurusan HIPMI periode sebelumnya. Garis besarnya, saya ingin menjadikan Hipmi Sidoarjo sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi daerah dengan akselerasi program kerja Hipmi dalam menumbuh kembangkan pengusaha muda nasionalis, program utama kita di pengurusan Hipmi Sidoarjo Periode 2024-2027," kata Zakaria Dimas, Sabtu (18/5/2024).

Dimas yang baru saja terpilih sebagai Anggota DPRD Sidoarjo periode 2024-2029 ini menegaskan jika program kepengurusan Hipmi Sidoarjo periode 2024-2027 sesuai misi yang dia usung Sapta Delta Hipmi Sidoarjo, yakni;

  1. Optimalisasi pemberdayaan anggota dalam pengembangan usaha serta meningkatkan kapabilitas dan kaderisasi untuk menjalankan fungsi organisasi Hipmi.

  2. ⁠Menyediakan dan membuka ruang inkubasi dan kolaborasi untuk entrepreneur muda berbakat di Kota Delta.

  3. ⁠Kolaborasi penta helix dalam mewujudkan konversi relasi dari internal maupun eksternal Hipmi Sidoarjo.

  4. ⁠Mendorong pemanfaatan digitalisasi dalam pengembangan bisnis anggota Hipmi.

  5. ⁠Komitmen dalam mewujudkan percepatan pembangunan ekonomi daerah berkelanjutan.

  6. ⁠ Mendorong hirilisasi produk local wisdom untuk tingkatkan potensi ekonomi lokal daerah.

  7. ⁠Mewujudkan Sidoarjo sebagai Kota Ekonomi Kreatif Indonesia.

"Dari poin-poin tersebut, Hipmi Sidoarjo akan terus berkolaborasi dengan Program Pemkab Sidoarjo, Pelaku usaha dari yang UMKM hingga corporate untuk memajukan perekonomian masyarakat Sidoarjo," ungkap Dimas.

"Hipmi memiliki visi dalam mencetak pengusaha muda, pendampingan pelaku UMKM mengkolaborasikan para pengusaha Sidoarjo dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya di Kabupaten Sidoarjo," sambungnya.

Dimas memaparkan jika sebagai Kabupaten yang dikenal sebagai Kota UMKM di Jawa Timur. Produk Pelaku UMKM Kabupaten Sidoarjo harus terus naik kelas.

"Bagaimana produk UMKM lokal Sidoarjo bisa dan terus ekspansi menembus pasal global, tak hanya dikenal di Sidoarjo atau di Jatim atau di Negara Indonesia saja," pesannya.

Oleh karena itu, lanjut Dimas, Hipmi harus terus mengambil peran agar produk UMKM lokal Sidoarjo bisa menjawab kebutuhan pasar global atau pasar internasional.

"Kembali lagi Hipmi Sidoarjo akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Sidoarjo, Pemprov Jatim serta Kementrian terkait peluang menembus Pasar Dunia Internasional," jelasnya.

Dimas juga mengajak seluruh Pengusaha Muda Sidoarjo untuk bergabung bersama Hipmi. Menurutnya potensi bisnis di Sidoarjo sangat besar, dibutuhkan potensi-potensi pengusaha muda yang terlatih, pintar membaca peluang dan berani mengambil keputusan agar geliat usaha di Sidoarjo yang sudah baik ini bisa lebih baik lagi.

"Hipmi tidak hanya menjadi organisasi pengusaha melainkan menjadi tempat untuk menimba berbagai ilmu dan saling bertukar pengalaman. Selanjutnya, karena banyak potensi yang sangat bernilai di dunia usaha dan bisnis di Sidoarjo, maka untuk menggali potensi tersebut, Hipmi harus hadir," paparnya.

Terpisah, M Dian Felani Ketua BPC Hipmi Sidoarjo periode 2021-2024 ini percaya jika pengantinya yakni Zakaria Dimas akan mempu memimpin Hipmi Sidoarjodan melanjutkan program yang sudah berjalan.

"Saya percaya dan optimistis Zakaria Dimas bisa membawa Hipmi Sidoarjo lebih baik," pugkasnya.(*)